Saturday, August 16, 2008

First Field Trip and Water Play

Kami pindah rumah di sini sekitar 6 bulan yang lalu. Belum banyak temen di sini. Kemaren waktu saya harus kejar mobil SIM keliling di daerah Joglo, bingung juga anak-anak gimana. Akhirnya karena saya tidak tahu jalan, kami sewa mobil & yang sudah kenal baik untuk tunjukkin jalan ke sana.
Jadilah itu sebagai field trip kami yang pertama, ke mobil SIM keliling dan kantor pos kota Tangerang untuk ambil paket kurikulum yang kami pesan.
Ternyata sepanjang perjalananpun kami bisa bersosialisasi dengan Pak Darsono, sang pengemudi. Beliau berusia di atas 50th dan suka baca buku sejarah. Jadilah perjalanan kita selama pulang dan pergi menjadi a history class. Interesting!
Awalnya, Evan lihat hiasan mobil yang digantung di kaca spion mobil. Dia bilang itu gambarnya serem. Saya nanya ke Pak Darsono, itu gambar siapa. Maksudnya saya mau jelasin ke Evan, bahwa itu gambar salah satu tokoh wayang. Saya kira itu Bagong,ternyata Pak Darsono bilang itu Semar. Sang Bapak sambil ketawa langsung melepas gambar Semar yang menurut Evan serem itu dan memasukkannya ke dalam laci mobil. Dari situlah kami ngobrol ngalor ngidul dari para punakawan: Semar, Bagong, Petruk, Gareng sampai Ramayana, perang Bharatayuda yang dipakai sebagai alat penyebaran agama Islam. Saya baru tahu kalo para punakawan itu punya karakter jujur, makanya dipercaya jadi abdi istana. Bisa jadi salah satu topik untuk belajar sejarah nih.Wah, menarik sekali.
Beliau juga cerita kalo di Tangerang ada Taman Makam Pahlawan yang banyak orang ziarah waktu 17 Agustusan begini.
Saya jadi bertekad dalam hati, bahwa anak-anak harus tahu tentang sejarah Indonesia dan dunia, lewat real books,real people. Bukan text book yang melulu hafalan. Kalo mereka bisa meresapi makna kemerdekaan yang sebenarnya, otomatis akan makin cinta bangsa ini dan mau berkarya bagi negeri tercinta. Memang bener ya, we can learn at anytime,anywhere with anyone...

Kembali lagi ke masalah SIM, ternyata waktu datang ke sana, mereka hanya sediakan 100 formulir. Dan saya kehabisan. Jadi Friday harus balik lagi. Kali ini sudah tahu jalan jadi bisa ke sana sendiri dengan bantuan virtual map yang dipinjamkan temen saya. Deg2an juga sih. Tapi akhirnya nyampe.Meskipun pulangnya nyasar-nyasar.. Hehe..
Karena kebaikan hati temen saya(yang laen) yang mau ngejagain anak2 dari pagi sampe saya pulang,saya bisa pergi tanpa beban.
Belum lagi anak-anak diajak main air rumah Joel. Joel is a homeschooler yang ceria,lucu dan cerdas yang tinggal di seberang samping rumah kami. Evan seneng banget kalo Joel maen ke rumah. Clay suka banget sama dedeknya Joel,Chloe si Dedek Matic.Hehe.. Bingung? Baca penjelasannya di blog mereka:http://www.homeschool.chosenlight.com. Pertanyaan-pertanyaan Joel yang lucu dan menggelitik membuat kami sekeluarga cekikikan membacanya.
Thanks, Joel. Kamu udah ajakin Clay dan Evan waterplay di rumah...

2 comments:

deardevi said...

akhirnyaaa... :)

Keke Naima said...

Hai... evan & clay, kenalan yuk sama keke & nai :)