Wednesday, August 13, 2008

Why Homeschooling?


Pertanyaan di atas selalu muncul setiap kali kami ditanya,"Sekolah di mana?" Dulu waktu masih sekolah di sekolah formal, kalo uda dijawab,"Di SD ini." Udah, beres. Paling berkomentar, "O, iya, itu sekolah bagus ya. Banyak yang juara olimpiade fisika kan?" Sekarang jadi agak bingung juga jelasinnya dengan simple gimana. Hehe...
Visi untuk homeschooling muncul kurang lebih 5 tahun yang lalu. Tetapi, selama kurun waktu itu, kami belum sepakat untuk apply homeschool pada anak-anak kami. Prinsip saya,selama exit permit dari suami belum keluar, ya tunggu aja. Mengomel dan memaksa juga tidak akan mendatangkan apapun yang baik 'kan? Tiap kali saya ditanyain oleh temen-temen yang sudah jalanin homeschool, saya cuma senyum-senyum aja dan jawab,"Ntar juga ikutan gabung.Tunggu aja..." Gak nyangka banget, gabungnya setelah 5 tahun! :)
Dalam tahun-tahun itu, yang saya lakukan adalah: Kumpulin data statistik dan fakta tentang homeschooling (legalitas di Indonesia, statistik pertambahan worldwide, benefit apa yang didapatkan di HS dan tidak diperoleh di sekolah tradisional,saya ke gramed dan ngeborong semua buku yang ada kaitannya dengan homeschool. baca artikel2 di internet. kalo ada waktu luang, saya bacain tuh yang udah di-stabilo-in ke suami) Mencoba tetap excited dengan materi kurnas yang diberikan di sekolah. Memberikan tambahan materi lewat real books (biografi, nonton www.youtube.com bareng). Memberikan pertanyaan yang mengasah critical thinking mereka kalo pas liat sesuatu yang bisa dijadikan bahan diskusi. "Kenapa kalo pesawat mau mendarat, bagian sayapnya keluarnya dikit2?" Kadang saya pun gak tau jawabannya. Kita cuma kira2 aja, terus cari tahu fakta dan data lewat buku atau internet. Asyik banget!
Ini percakapan saya dengan Clay, 8 th, waktu saya tanya kenapa kita pilih homeschooling.
Mama:Clay, kamu lebih suka homeschooling atau sekolah formal?
Clay: Lebih seneng homeschool karena Mama jadi nggak marah-marah.
Mama: Emang Mama sering marah? Kapan?
Clay: Sering marah kalo kerjaan sekolah nggak selesai.
Mama: Terus sekarang kenapa kalo kerja di rumah bisa beres semua? (Sementara ini kami masih memakai materi kurnas SD kelas 3 karena kurikulum yang saya order masih nyangkut di custom)
Clay: Karena kalo di sekolah formal materi banyak ditambahin sama gurunya. Nggak dijelasin langsung suruh buat. Kalo pada gak bisa dimarahin dan diancem2,"Bapak pukul kamu pake botol Bapak lho!"
Mama: Kalo di sekolah formal, kapan sih kamu punya waktu bersosialisasi? Maksudnya bisa ngobrol dan main sama temen-temen?
Clay: Nggak ada waktu karena kalo ketauan berisik di manapun dimarahin. Kalo istirahat selesai makan harus langsung baris.
Mama: Emang istirahatnya berapa menit?
Clay: Pokoknya istirahat cuma buat makan. Kalo mau main musti ngumpet dari guru. Kalo ketahuan dimarahin disuruh balik ke kelas.
Mama: Deg2an ya? Maen kok harus ngumpet.Waktu Mama kecil kok ada waktu bermain ya setelah makan.Jadi bisa punya banyak temen main.Bisa lompat tali,engklek,main kelereng, yang murid cowok bisa kejar-kejaran sampe ada yang dahinya dijahit gara-gara tabrakan di aula.Terus mainnya kapan kalo gitu?
Clay: Ya paling pulang sekolah kalo Mama jemput telat. Kalo Mama jemput on time ya nggak main.
Mama: Sekarang sosialisasi kamu gimana? Kangen ma temen2 sekolah ga?
Clay: Aku kan masih punya nomer telepon temen-temenku. Aku juga ikut Fastrack sama Bintang Basket Indonesia. Jadi aku punya temen-temen di sana.
Mama: Gimana rasanya udah 2 minggu homeschooling?
Clay: Aku jadi gak gampang marah. Sama adek jadi lebih sabar.
Mama: Kok bisa lebih sabar kenapa?
Clay: Karena nggak stres.
Mama: Emang selama ini kamu stres?
Clay: Aku kecapekan, jadi gampang marah.
Mama: Sekarang jadi baik banget lo kamu. Bisa bantuin Mama tanpa diminta untuk masukin baju bersih ke lemari baju. Bisa ajarin Evan membaca. Thanks ya, Clay.

No comments: