Tuesday, February 17, 2009

Mata Pelajaran Donal Bebek

Clay suka sekali membaca. Pelajaran favoritnya adalah reading dan history. Buku bacaan favoritnya adalah Donal Bebek.
Awalnya, saya anggap itu waktu membaca komik adalah waktu dia refreshing, bukan waktu belajar. Tetapi pikiran saya berubah setelah ada satu kejadian ini. Kalo inget jadi pengen nyengir sendiri.
Di mall, Clay sangat suka window shopping. Biasanya dia selalu belanja 'sedikit', misalnya membeli 1 biji hotwheel. Padahal dia sudah punya banyak pemberian dari kakeknya.
Beberapa kali terakhir kami ke mall, dia sudah jarang bertanya boleh beli ini atau itu. Bahkan hotwheel pun yang dia selalu bilang, kan harganya cuma 16ribu (dulu, sekarang sudah 18rb), dia juga tidak berusaha beli.
Heran dengan perbubahan drastisnya itu, saya bertanya: Clay, kamu kok sekarang jadi gak suka belanja? Hemat sekali ya kamu. Mama bangga deh. Kenapa bisa jadi kayak gini sekarang?
Jawabannnya sungguh tidak terduga.
Mama mau tau kenapa? Gara-gara Gober Bebek!
Haha.. saya semakin yakin, materi apapun yang ada di sekitar kita bisa jadi 'bahan ajar'.
Saya jadi flash back lagi tentang komik yang pernah saya baca tentang Tin Tin. Saya juga belajar banyak dari situ. Saya jadi suka menggambar dan berimajinasi, berpikir kreatif. Belajar bahwa orang yang gampang emosi seperti Kapten Haddock rugi sendiri. Bagi saya, komik yang berbobot adalah materi yang disampaikan tanpa menggurui dengan memberikan nilai2 moral yang baik.
Evan, hampir 5th, lancar membaca gara-gara Donal Bebek juga. Dia marah2 saat saya ajarin di membaca dengan metode flash card. Tiba-tiba, pada waktu luang, dia ambil DD dan mulai asik melihat gambarnya. Kadang dia ambil kertas kosong dan menggambar ulang apa yang dia sudah lihat. Lama kelamaan, dia mulai mengeja kalimat2 yang ada di dalam bubbles. Mungkin karena dia merasa 'membaca' gambar saja kurang lengkap. Masih terbata-bata, tapi dia tetap ngotot membaca sampai akhirnya dia bisa membaca satu halaman. Sekarang dia sudah membaca lancar, dan kalo saya tanya, dia bilang lancar membacanya gara-gara Donal Bebek! Haha..

Dengan HS belajar apa saja jadi asyik!

2 comments:

deardevi said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Iya ni Mom.. sebenernya dari Donal Bebek, anak2 bisa diajarin Geografi juga... trus buat social studiesnya belajar bikin family tree.. di Donal tu kadang suka dimunculin silsilah keluarga mereka yang ruwet banget.. hehehehe