Tuesday, June 7, 2011

Anak Homeschool Tidak Punya Teman? Ooh.. tidak bisssaaa!

Kenyataan pertanyaan yang harus kami hadapi adalah salah satu pertanyaan ini: Terus sosialisasinya gimana?

Oke. Stop dulu. 

Sepertinya kita perlu mengkaji ulang arti kata sosialisasi dan yang Anda maksud.
Kalau yang dimaksud bertemu banyak orang tanpa interaksi yang dalam, di bioskop, warung, restoran, lapangan parkir, tempat basket, mall, museum, hotel, motel, pasar, bandara, jalan raya dan stasiun, anak-anak kami juga sudah terbiasa.
Kalau yang dimaksud hubungan interaksi pertemanan hingga bisa dibilang bersahabat, kamilah sahabat mereka. Kami menyediakan diri sebagai teman untuk bertanya, curhat dan diskusi buat mereka. 

Jadi apakah yang Anda maksud dengan sosialisasi?


Pendapat kami, manusia disebut makhluk sosial karena memang kita saling membutuhkan. Membutuhkan untuk dikasihi, diperhatikan dan dihargai seutuhnya sebagai manusia. Itu kami mulai dengan memberikan gambar diri yang benar kepada anak-anak, bahwa mereka adalah ciptaan Allah yang diciptakan untuk tujuan-tujuan mulia dan membangun.

Selanjutnya, pernikahan kami menjadi contoh paling simpel dan bukti nyata bahwa orang butuh untuk berkomunikasi. Butuh bekerja sama. Butuh saling menopang. Butuh saling menghargai. Kata kuncinya: SALING.


Nilai-nilai itulah yang kami tabur dalam keluarga kami, dan sebagai keluarga, kami saling menghargai satu sama lain. Kami juga menghargai teman-teman anggota keluarga yang lain.

Jika teman-teman Clay dan Evan main ke rumah, kami senang sekali. Kami akan membiarkan mereka bermain sepuasnya dan kami berusaha menjadi tuan rumah yang  baik. Anak-anak pun kami harapkan bisa memperlakukan teman-temannya dengan sopan dan ramah. *masih dalam proses ya, maaf kalau waktu berkunjung masih ada yang bete dan marah2* hihihi..


Duh, Evan gaya banget kayak selebritis. Mentang-mentang sedang pakai kaos Firman Utina. Hihihi.


Jason dan Jeremy, keduanya teman baik yang dikenal di klub basket. Anak-anak bergantian main ke rumah mereka dan sebaliknya, jika ada hari libur. :) Asyik kan?


Sahabat? 
Bisa ditemukan di mana saja, jika kita mau mengulurkan tangan untuk menjadi seorang sahabat terlebih dulu..

"The only way to have a friend is to be one."
-- Ralph Waldo Emerson

No comments: