Saturday, October 22, 2011

Kenapa Kami Memilih Homeschool # 1-25

Kenapa kami pilih homeschool #1: bisa bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain.

Kenapa kami pilih homeschool #2: anak-anak tidak asal makan, tapi belajar memasak makanan sendiri dan melihat nilai gizi apa yang mereka santap.

Kenapa kami pilih homeschool #3:kami belajar utk membuka diri dan belajar dari sekolah kehidupan: kematian, kemiskinan, pemanasan global, tidak ada batasnya.

Kenapa kami pilih homeschool #4: bisa mendptkan pengetahuan sebanyak mungkin dg budget yang terbatas, hanya butuh teman dan kreativitas. 

Kenapa kami pilih homeschool #5: lebih banyak praktek daripada teori.

Kenapa kami pilih homeschool #6: apa yang kami bisa dipelajari di ruang kelas, kami bisa juga pelajari di rumah. Tapi tidak sebaliknya. 

Kenapa kami pilih homeschool #7: kami lebih punya waktu untuk hal-hal lain daripada sekedar buku dan hafalan. 

Kenapa kami pilih homeschool #8: kami melakukan sesuatu dengan tujuan, bukan sekedar ikut-ikutan. 

Kenapa kami pilih homeschool #9:kami belajar menghargai keunikan tiap pribadi dengan kelemahan dan kelebihan mereka. Nobody's perfect. 

Kenapa kami pilih homeschool#10: nilai rapor bukan menentukan siapa kami.Kami adl ciptaan Tuhan yg trs belajar utk hidup lbh baik tiap hari.

Kenapa kami pilih homeschool#11: makin banyak teman. Kami berteman dengan satpam, SPG, petugas sampah, anak dari suku pedalaman, karena kami tahu, tidak ada yang lebih rendah dan lebih tinggi. Tidak ada kasta. Semua sama.

Kenapa kami pilih homeschool #12: lebih kreatif. Anak belajar tanpa tekanan rasa takut dimarahi. Belajar karena suka dan ingin tahu. 

Kenapa kami pilih homeschool #13: lebih bertanggungjawab. Anak belajar karena tahu mereka butuh untuk terampil dan berwawasan luas. 

Kenapa kami pilih homeschool #14:lebih percaya diri.Mrk sering bercerita ulang (narasi) ttg apa yg mrk pelajari.Mrk menjelaskan apa yg saya belum tahu.

Kenapa kami pilih homeschool #15: ortu sejajar dengan anak. Kami bisa menjadi sahabat mereka dan sebaliknya. Tidak ada rahasia di antara kita. :) 

Kenapa kami pilih homeschool #16: lifeskills (keterampilan hidup) langsung dipraktekkan: mencuci baju, memasak nasi, memberi makan binatang piaraan, menyisihkan uang untuk ditabung, investasi atau memberi. 

Kenapa kami pilih homeschool #17: belajar pakai media apa saja. Koran,komik,novel,buku&barang bekas,warnet, VCD, DVD,iPhone, iPad. Yes, iGlad! 

Kenapa kami pilih homeschool #18:bisa punya laboratorium juga di rumah. Pakai peralatan dapur utk praktikum fisika dan kimia. 

Kenapa kami pilih homeschool #19: 1 pelajaran mencakup banyak ketrampilan. Masak:baca resep,belanja,berinteraksi dg ojeg, tkg sayur,belajar nominal uang. 

Kenapa kami pilih homeschool #20: hemat. Satu buku dibaca serumah. 

Kenapa kami pilih homeschool #21: kegiatan belajar menular. Satu topik yang dipelajari si sulung, akan diikuti si adik dan sebaliknya. 

Kenapa kami pilih homeschool #22: bisa melihat kemampuan anak lebih dini dan mengarahkannya lebih awal. 

Kenapa kami pilih homeschool #23: belajar menjadi kesukaan bukan paksaan. Pengalaman kami, sewaktu anak sulung kami diopname dan diinfus, dia masih ingat semut piaraannya dan meminta adiknya memberi makan. 

Kenapa kami pilih homeschool #24: jika ada waktu senggang, mereka mencari aktivitas sendiri. Tidak betah menganggur. 

Kenapa kami pilih homeschool #25: tiap anak diciptakan unik. Ketertarikan dan talenta mereka berbeda. Setelah mrk menemukan diri mrk sendiri, tugas kami hanya menyediakan fasilitas dan mengarahkan saja. 

No comments: