Sunday, May 5, 2013

Living Rain Forest International Schools Debate Competition 2013:Protecting Our Future Planet

Protecting Our Future Planet
by Stefan Aneshka Lea
Year 4
Age: 9 year old
            Everybody is responsible for the future of earth. Because earth is our home so we have to take care of it. We have to keep it clean. For keeping my house, I clean it by washing dishes and flushing the toilet after use. The same thing as for our earth,  we should keep it clean. One of the ways to keep it clean is to stoptrashing. We can start doing 3R: Reduce, Reuse,Recycle.

Start from myself. I had already started to recycle plastic, papers and cans. I also started composting organic kitchen trash. If I go out from a room I turned off the lights and Air Conditioning. I also plant my own plants and vegetables in my garden. I reduce trash by bringing my own bottle and clothbag, I also bring my own food container to buy food. I also refuse styrofoam. As the younger brother I also use my elder brother’s books, backpack, clothesand pants, that’s how I reuse things.
           
            If we keep on trashing,  plants will die because the soil is no longer rich and the animals habitat will be destroyed and they will die because theydon’t have any home. It will bring us into trouble.
            
One of the troubles is overpopulation. For example, if we keep on killing sharks for their fins the sharks will die and the shark’s prey will overpopulate and then the world will be full of little fishes that the shark are supposed to eat.

From http://www.sharkproject.org and Wikipedia, I read that: “Sharks are late in maturity, small numbers of descendants per birthing cycle, very long pregnancy (18 to 24 month gestation period) and slow growth rate. These are danger to many sharks.” Please, stop killing shark, stop shark extinction.

Other things we can do: we should help stop global warming by planting trees and plants so there would be more oxygen and the world would be cooler so that the polar ice caps won’t melt and the world won’t be flooded with water because the polar ice caps melt. And we should stop destroying animals habitat and plants and trees because then our life would be hard with no plants or animals to eat.

We need to work together for protecting our planet, Earth. 


Melindungi Planet Masa Depan
oleh Stefan Aneshka Lea
Kelas 4
Usia 9 tahun


Setiap kita memiliki kewajiban untuk memikirkan tentang masa depan bumi. Karena bumi adalah rumah kita, kita harus menjaganya tetap bersih. Untuk menjaga rumah saya, saya menjaganya tetap bersih dengan mencuci piring kotor juga menjaga toilet tetap bersih setelah memakainya. Sama halnya dengan bumi, kita harus menjaganya tetap bersih. Salah satu cara untuk menjaga bumi adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Kita bisa memulai melakukan 3R: Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang) sampah.


Kita bisa memulai dari diri kita sendiri. Saya sudah mendaur ulang plastik, kertas dan kaleng. Saya juga sudah mulai membuat pupuk kompos dari sampah dapur. Jika saya keluar dari kamar, saya mematikan lampu dan AC. Saya juga menanam tanaman dan sayuran di kebun belakang. Saya mengurangi sampah dengan membawa botol minum dan tas kain untuk belanja. Saya juga membawa wadah makanan untuk membeli makanan atau lauk. Saya menolak pemakaian styrofoam. Sebagai anak kedua, saya menggunakan lagi buku, tas ransel, baju dan celana dari kakak. Begitulah cara saya menggunakan kembali barang-barang yang ada.


Jika kita terus membuang sampah sembarangan, tanaman akan mati karena tanah tidak lagi subur. Habitat binatang juga akan rusak, sehingga lama kelamaan mereka akan mati karena tidak lagi memiliki rumah. Hal itu akan menimbulkan banyak masalah. 
Salah satu masalah yang timbul adalah ledakan populasi. Sebagai contoh, jika kita terus membunuh ikan hiu untuk diambil siripnya,  maka ikan yang biasa dimangsa hiu akan meledak jumlah populasinya, karena tidak ada lagi ikan hiu yang menjaga jumlah mereka. Samudera akan penuh dengan ikan-ikan kecil yang seharusnya menjadi makanan hiu-hiu tersebut.



Dari website  http://www.sharkproject.org dan Wikipedia, saya membaca, "Angka pertumbuhan ikan hiu sangat rendah karena beberapa faktor: hiu mencapai usia dewasa dalam waktu yang cukup lama, jumlah keturunan yang sedikit per kelahiran, periode kehamilan yang sangat lama (18-24 bulan) dan pertumbuhan yang lambat. Faktor-faktor tersebut yang menyebabkan ancaman punahnya ikan hiu." Tolong jangan bunuh ikan hiu lagi. Jangan sampai mereka punah.


Hal lain yang bisa kita lakukan: kita dapat mencegah pemanasan global dengan menanam banyak pohon dan tanaman sehingga lebih banyak oksigen yang dihasilkan. Dunia akan lebih sejuk sehingga ujung es kutub tidak akan meleleh. Tidak akan ada banjir yang disebabkan lelehan ujung es kutub. Kita juga harus menghentikan habitat binatang dan tanaman dan pohon karena hidup kita akan berat tanpa tanaman dan daging binatang yang dapat kita konsumsi.


Kita harus bekerja sama untuk melindungi planet kita, Bumi.

http://blogs.e-rockford.com/applesauce/files/2013/03/causes-of-global-warming.jpg

No comments: