Friday, May 6, 2011

Membuat Timbangan Sederhana

Salah satu hal yang sangat memuaskan hati saya adalah ketika melihat wajah anak-anak belajar di rumah. Tidak ada ketegangan, tidak ada paksaan, tidak ada omelan, semua berjalan dengan gembira. Kami memiliki komitmen untuk sebisa mungkin tidak membentak dan berteriak kecuali ada hal yang darurat, misal: kebakaran. Apakah berhasil? Sejauh ini belum. Tapi kami mau belajar untuk lebih baik setiap hari. :)

Percobaan ini diambil dari buku Math My Pals 3A. Evan menyiapkan semua peralatan yang diperlukan sendiri.  Clay dan saya memiliki tugas untuk dikerjakan masing-masing. Evan mengambil gantungan baju di tempat jemuran, membuka lemari scrapbook saya dan mencari tali, mengambil gelas bekas Aqua mini yang ditinggalkan Bobo (: nenek) sewaktu berkunjung ke rumah kami.

Saya membantunya untuk melubangi gelas dengan gunting, tapi selebihnya untuk membuat simpul dan lainnya, itu adalah tugas mandiri Evan. Giliran Clay dan saya yang menjadi penonton (: murid), dan Evan yang menjelaskan.

Mereka terbiasa belajar mandiri dan memberikan penjelasan, sedangkan tugas saya hanya ada di dekat mereka jika mereka membutuhkan pertolongan. Homeschooling itu asyik!

No comments: